REVIEW MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SYSTEM THINKING

Nama    : Khoirur Rohmaniatush Sholihah

NIM    : K3320047

Modul milik    : Laurita Mboga

Materi    : Sistem Koloid

Link Modul : https://lauritamboga.blogspot.com/2023/04/modul-pembelajaran-sistem-koloid.html


Review berdasarkan tampilan modul

  1. Modul pembelajaran dibuat pada blog yang mudah diakses, namun masih kurang rapi dalam segi tampilan. Dapat dilihat beberapa penulisan yang tidak rata dan font yang berbeda-beda
  2. Untuk gambarnya mungkin dapat ditambah agar siswa dapat memiliki gambaran yang lebih terkait dengan materi.

Review berdasarkan segi karakteristik modul

  • Self Contained
Pada modul pembelajaran koloid tersebut, materi koloid yang dimasukkan belum cukup detail dan masih kurang lengkap untuk pembelajaran mandiri siswa. Selain itu, belum ada video pendukung  untuk menambah pemahaman siswa dalam mempelajari materi. Dalam konten materi sudah terdapat contoh terkait koloid di kehidupan sehari-hari. Namun masih dijelaskan sebagai fenomena, belum kasus-kasus yang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis.
  • Self Instruction
Modul yang dibuat belum sepenuhnya memenuhi karakterisrik ini karena tujuan pembelajaran belum spesifik topik atau permasalahan, terdapat contoh soal dan jawaban namun hanya 1, mungkin bisa ditambah dan juga soal untuk asesmen, dengan kunci jawaban disediakan terpisah atau di halaman belakang. Selanjutnya, pada modul belum mencantumkan peta konsep, dimana peta konsep ini dapat mempermudah siswa dalam mempelajari modul. Materi yang diberikan cukup singkat dan kurang dalam pemberian ilustrasi atau gambar contoh.

Pada awal modul sudah ada petunjuk penggunaan modul yang dapat membantu siswa dalam menggunakan modul tersebut. Namun belum ada waktu untuk mempelajarai modul, step dalam mempelajari modul, dll. Kemudian pada modul sudah terdapat rangkuman materi, namun masih sangat singkat. Mungkin karena materinya masih sedikit yang ditampilkan. Selanjutnya untuk kegiatan siswa, sudah ada praktikum dan penugasan mandiri. 
  • User Friendly
Pada modul tersebut, sudah disertai gambar-gambar pendukung, namun bisa lebih diperbanyak seperti contoh dalam kehidupan yang lebih dekat dengan kita. Selain itu, juga belum ada glosarium yang dapat memudahkan siswa untuk memahami istilah-istilah sulit, agar tidak terjadi miskonsepsi. Instruksi pada modul ini sudah ada, namun masih kurang untuk mempermudah siswa dalam memahami modul. Sehingga, menurut saya dalam aspek user friendly masih kurang.
  • Stand Alone
Modul belum cukup dapat dikatakan stand alone, karena pada penugasan atau latihan tidak bisa langsung digunakan di sana, seharusnya diberi space untuk siswa agar dapar langsung mengerjakan di sana. Selanjutnya untuk konten materi yang diangkat belum cukup banyak untuk materi koloid, sehingga perlu ditambah dengan materi-materi dan literatur lain agar aspek stand alone dapat terpenuhi
  • Adaptive
Penugasan mandiri siswa masih konvensional, mungkin dapat menggunakan barcode atau link yang dapat memudahkan siswa serta memanfaatkan teknologi. Pada materi juga belum ada contoh vidio yang dapat membantu siswa dalam memahami materi.

Review berdasarkan aspek system thinking
Pada materi koloid tersebut belum disajikan sesuai dengan system thinking. Dapat dilihat pada modul langsung pada konten materi, tidak ada permasalahan yang diangkat terlebih dahulu. Seharusnya terdapat permasalahan global yang dapat digunakan sebagai pemantik siswa agar dapat berpikir secara sistem dan menyeluruh. Tidak langsung ke materi koloid. Misalnya dengan permasalahan asap atau kabut di jalan untuk menggambarkan koloid, pembentukan delta di sungai, dll.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaruh Socio-Scientific Issue pada Pembelajaran Kimia dalam Peningkatan Keterampilan Siswa